SOSIALISASI SATGAS SABER PUNGLI BAGI PEJABAT DESA DAN MASYARAKAT DESA BOMAKI KEC.TANIMBAR SELATAN KAB. MALUKU TENGGARA BARAT

Informasi

Saumlaki-Kamis 30 Agustus 2018, pukul 11.30 sampai dengan pukul 13.45 wit bertempat di Balai Desa Bomaki, Kec Tanimbar Selatan Kab MTB, dilaksanakan Sosialisasi Perpres RI No. 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu

Bersih Pungutan Liar, oleh Kasat Binmas Polres MTB Akp Simon A. Manselety selaku Ketua Pokja Pencegahan

Sapu Bersih Pungutan Liar Pada Kab. MTB didampingi oleh P.s Paur Humas Bripka F.J Punay dan Bhabinkamtibmas Desa Bomaki Brigadir A.Saikmat.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Pejabat Kepala Desa Bomaki W. Timpelabuan, staf Desa, Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa, Aliansi Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Kepala Puskesmas Bomaki, Akademisi, Ketua RT, RW dan Ibu-ibu PKK Desa Bomaki

Serta warga masyarakat.

Kepala Desa Bomaki,

mengucapkan selamat datang kepada tim sosialisasi, dan menyambut dengan positif kegiatan sosialisasi tersebut bagi masyarakat, karena dengan adanya sosialisasi tersebut akan menambah pengetahuan bagi peserta serta mengajak peserta agar dapat mengikuti sosialisasi dengan baik.

Selanjutnya Kasat Binmas Polres MTB Menjelaskan bahwa Pungli itu ada dimana mana, dalam setiap aspek kehidupan masyarakat terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku pesannya. Sudah ada ketentuan tarif yang di tentukan oleh pemerintah, bayarlah sesuai dengan ketentuan tersebut, diluar itu namanya Pungli.

Selanjutnya Akp Simon Mansilety menjelaskan siklus kehidupan manusia sejak lahir sampai meninggal, akan selalu berhadapan dgn Pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara, Polri, BUMN dan BUMD.

Menurutnya pemerintah menyadari sungguh bahwa pelayanan publik yang dilakukan saat ini belum maksimal/berjalan dengan baik sesuai UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Karena itu, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perpres RI No 87 Tahun 2016 untuk dilaksanakan.

Bahwa akibat dari pungli akan membawa dampak buruk terhadap pembangunan

Nasional,

terutama upaya peningkatan kesejahteraan

masyarakat oleh pemerintah.

Ketua unit Pencegahan Satgas Saber Pungli Kab. MTB berharap kepada pimpinan Desa /tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat

dalam upaya mencegah terjadinya

Pungli di Desa Bomaki pada umumnya dan Pemerintahan MTB pada Khususnya.

Akhir dari sosialisasi AKP Simon Mansilety menghimbau pada masyarakat Bomaki

untuk menolak pungli dalam bentuk apapun

dalam setiap pelayanan

Publik oleh Aparatur Sipil Negara di Kementrian/

Lembaga/BUMN/BUMD dan Pemerintah Kab.MTB.

Ia mengingatkan bahwa, baik yang memberi maupun yg menerima, sama sama dapat dihukum.

Oleh karena itu, Wewenang Satgas Saber pungli dalam melakukan penindakan dan pencegahan agar tidak terjdinya pungli.

Selain itu Kasat Binmas juga mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas menjelang Pilkades pada tahun ini dan Pileg serta Pilpres yg akan dilaksanakan pada bulan April tahun 2019.

Giat di tutup dengan Tanya Jawab dan Photo bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *