SOSIALISASI PENGGUNAAN BUKU SAKU HAM DI POLDA MALUKU

Informasi

Ambon – Komnas HAM Republik Indonesia menindaklanjuti Nota Kesepahaman bersama Polri bekerjasama dengan Polda Maluku mengadakan sosialisasi Buku Saku HAM bagi Perwira satuan Reserse, Sabhara, Tahti dan Brimob pada Polda Maluku tanggal 15 s.d 16 Agustus 2018.

Sosialisasi yang berlangsung selama 2 hari di Rupattama Polda Maluku dibuka oleh Kabidkum Polda Maluku Kombes Pol. Sih Harno, S.H., bertujuan meningkatkan kemampuan anggota Polri pada Polda Maluku tentang HAM dan kaitannya dengan fungsi Kepolisian juga memperkenalkan buku Saku HAM kepada anggota Polda Maluku sebagai panduan dalam menjalankan fungsinya berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009, instrumen HAM Nasional dan internasional sehingga program Pengarusutamaan HAM dapat terlaksana.

Kepolisian sebagai salah satu Lembaga Negara sesuai dengan UU RI Nomor 2 tahun 2002 berfungsi memelihara Keamanan dan ketertiban masyarakat, Penegakan Hukum, Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat.

Didalam menjalankan fungsi Kepolisian ini anggota Polri dilapangan sering dihadapkan dengan masalah-masalah yang berpotensi menyebabkan terjadinya Pelanggaran HAM.

Hadir sebagai Lembaga Negara yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan dan mediasi Hak Asasi Manusia, Komnas HAM Republik Indonesia yang diwakili Komisioner HAM RI Bapak Beka Ulung Hapsara mengharapkan lewat Buku Saku HAM yang merupakan penjabaran dari Peraturan Kapolri Nomor 8 tahun 2009 dapat lebih meningkatkan Profesionalisme dan kinerja personil Polri sebagai Penegak Hukum juga sebagai Penegak HAM saat menghadapi gangguan Kamtibmas di tengah masyarakat.

Lewat kegiatan pembekalan yang dilaksanakan Polri akan dapat melangkah lebih maju untuk berbenah diri baik secara internal maupun eksternal dengan serius menerapkan HAM dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya sehingga dapat mengukuhkan Polri yang Promoter dan dipercaya oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *