MELALUI MUSRENBANG TAHUN 2018, POLDA MALUKU SIAP SUKSESKAN PEMILU 2019

Informasi

Ambon – Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.I.K., didampingi Irwasda dan Karo Rena membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Polda Maluku Tahun 2018, Rabu(23/5/2018) di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pejabat Utama, Kapolres jajaran, Para Kasubbag Renmin Satker Polda dan Kabag Ren Polres Jajaran Polda Maluku.

Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 23 s.d 24 Mei 2018 ini mengangkat tema Implementasi Reformasi Birokrasi Polri guna mewujudkan Kamtibmas yang dinamis serta suksesnya Pemilu 2019 di wilayah Hukum Polda Maluku

Musrenbang Polda Maluku merupakan Mekanisme di dalam perencanaan, untuk mempertemukan usulan/kebutuhan ( Bottom Up Planning) Satker Polda dengan apa yang akan di programkan Polri (top down planning) sehingga kebutuhan tersebut selaras dengan arah kebijakan organisasi Polri kata Jenderal berbintang 2 ini memulai sambutannya. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa telah menetapkan Kebijakan Kapolda Maluku yaitu Penguatan Internal, Sambang Cegah Konflik dan Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi.

Beliau juga menganev capaian kinerja Polda Maluku pada tahun 2017 dan 2018 sebagai bahan untuk perbaikan kinerja tahun 2019 antara lain, Penilaian RBP Polda Maluku tahun 2017 mendapat nilai 80,52 kategori BB

Penilaian Quick Wins Polda Maluku mendapat rangking 18 dari 33 satker wilayah Polda dan B03 tahun 2018 mendapat rangking 14.

Penilaian AKIP Polda Maluku menempati peringkat 18.

Dan untuk penyerapan anggaran tahun anggaran 2017 Polda Maluku menempati urutan ke-15 Di mana tempat satker yang mendapat penghargaan dari Kanwil Ditjen anggaran Maluku

Dari penilaian-penilaian tersebut terlihat bawa Polda Maluku telah berupaya untuk memperbaiki diri dan mensejajarkan diri dengan Polda Polda tipe A lainnya .

Untuk itu pada kesempatan Musrenbang Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K. menekankan beberapa hal yaitu lakukan pemetaan dan penajaman terhadap Rancangan Renja 2019 dengan mengacu pada perkiraan intelijen dan Kamtibmas

Jelaskan sasaran prioritas arah kebijakan dan target kinerja dalam dokumen Renja Polda Maluku, ren giat satker Polda dan kewilayahan tahun 2019.

Alokasi anggaran harus sesuai dengan kebutuhan dan prioritas, usulkan pemenuhan personil pelaksana di lapangan sehingga mampu menyerap anggaran dengan baik.

Lakukan kajian analisa beban kinerja dalam rangka penyelesaian SOTK Polda tipe a sesuai tingkat kewenangan.

Terkait pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, Kapolda menekankan agar Polres yang telah ditunjuk mempersiapkan diri sebagai percontohan di jajaran Polda Maluku, tidak hanya aspek komponen pengungkit saja namun juga aspek komponen hasil.

Menutup sambutannya Kapolda Maluku mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara Musrenbang dan kepada Kasatker, Kapolres, Kasubag Renmin, Kabag Ren dan operator sebagai peserta agar mengikuti Musrenbang serius dan bertanggung jawab.

Hadir pula dalam kegiatan Musrenbang Polda Maluku ini Kepala Kanwil DJPB Propinsi Maluku Bapak Sudarmanto, S.E., M.M., dan Kepala Bapeda Propinsi Maluku DR. Ir. Antonius Silaholo, M.T. untuk memberikan materi paparan.

Kiranya lewat Musrenbang Tahun 2018 ini keberhasilan akan terwujud dengan diawali perencanaan yang matang, komunikasi, koordinasi dan pengorganisasian yang baik sehingga dapat mencetuskan pemikiran strategis dan menghasilkan produk perencanaan yang implementatif dan efektif bagi seluruh jajaran Polda Maluku.

Dengan berpedoman ketentuan tentang anggaran berbasis kinerja, setiap program kegiatan harus dapat diukur dalam wujud rasa aman pada setiap masyarakat dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, anggaran belanja yang diusulkan sesuai peruntukannya dengan prinsip efektif, efisien, akuntabel serta transparan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *