KAPOLDA MALUKU GELAR BAKUMPOL BACARITA KAMTIBMAS BERSAMA FORKOPIMDA, TOMAS, TODAT, TOGA KAB. MALUKU TENGAH

Informasi

Ambon – Kunjungan Kerja Kapolda Maluku Irjen Pol. Andap Budhi Revianto bersama Irwasda Maluku Kombes Pol. Purwolelono, S.I.K., M.M., dan pejabat utama Polda Maluku yang sangat singkat di Kabupaten Maluku Tengah dimanfaatkan dengan menggelar kegiatan Bakumpol Bacarita Kamtibmas yang dilaksanakan di Aula Anggrek Bhayangkari Polres Maluku Tengah, menghadirkan Forkopimda Kab. Maluku Tengah, Tomas, Todat, Toga Maluku tengah pada Senin (21/5/2018) dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada Maluku Tahun 2018.

Kegiatan yang diawali dengan penyampaian arahan Kapolda Maluku tentang kegiatan Bakumpul Bacarita Kamtibmas bersama tokoh masyarakat merupakan program Polda Maluku dalam rangka silahturahmi dan penyerapan informasi terkait kinerja pelayanan Polri terhadap masyarakat serta perkembangan kamtibmas menjelang Pilkada Maluku 2018 dan aksi terorisme yang dapat mengancam keamanan NKRI.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan kamtibmas yang ditimbulkan akibat pengaruh Minuman Keras ( Miras ) dikalangan masyarakat.

Kepolisian Daerah Maluku akan meningkatkan tugas pelayanan masyarakat dengan mengedepankan fungsi Perpolisian Masyarakat ( Polmas ) serta transparansi dalam penanganan kasus – kasus yang terjadi.

Menyikapi tingginya angka kriminalitas dari pengaruh Miras di Maluku maka Kepolisian akan mendorong pihak DPRD Maluku untuk membuat regulasi terkait Miras sehingga penanganan pihak Kepolisian dilakukan secara tepat ujar Jenderal berbintang dua ini menutup sambutannya.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan saran masukan dari perwakilan masyarakat terkait potensi kamtibmas dan politik menghadapi Pilkada Maluku Tahun 2018, antara lain Polri diharapkan hadir dalam setiap kegiatan masyarakat guna menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif.

Menyikapi masalah miras Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah telah melakukan langkah-langkah dalam mencari solusi penyelesaian terkait masalah Minuman Keras ( Miras ) guna dimasukannya dalam peraturan daerah.

Disampaikan oleh salah satu Tokoh masyarakat Maluku Tengah yang hadir bahwa Polri perlu meningkatkan pilar Polmas sebagai perpanjangan tangan dalam membantu tugas Polri dalam meminimalisir potensi kerawanan.

Polri dituntut untuk respon terhadap perkembangan dinamika kamtibmas serta tingkatkan penindakan hukum terhadap para pelaku kejahatan sebagai upaya efek jera.

Pengawasan terhadap orang asing di wilayah Kabupaten Maluku Tengah agar dapat ditingkatkan dalam mengantisipasi masuknya faham radikalisme dan terorisme.

Menghadapi Pilkada 2018 ini, masukan dari Tokoh masyarakat yang hadir bahwa Potensi kerawanan Pilkada pada Kecamatan Teluk Elpaputih dan Kecamatan Leihitu ( Tanjung Sial ) terkait daftar Pemili perlu menjadi atensi dari Pihak Kepolisian untuk ditindak lanjuti.

Serta adanya penyebaran Issu Hoax via Media Sosial terkait Politisasi TNI dan Polri

Menanggapi berbagai saran dan masukan dari tokoh masyarakat yang hadir Kapolda Maluku menyampaikan bahwa terkait masalah Minuman Keras Polda Maluku dan jajarannya telah melakukan penindakan dengan melakukan penyitaan dan pemusnaan Minuman Keras berbagai jenis menjelang Ramadan 1439 H.

Ada solusi tentang kebijakan Desa bebas Miras dengan dibuatkan regulasi yang mengikat.

Terkait permasalahan Daftar Pemilih Tetap ( DPT )yang sudah ditetapkan KPUD Maluku, diharapkan penyelenggara Pilkada harus konsisten dan melakukan sosialisasi dan pengambilan langkah-langkah guna menetralisir potensi kamtibmas yang dimungkinkan terjadi.

Secara umum Polri di Provinsi Maluku dibatasi dengan keterbatasan personil, untuk mengatasi berbagai gejolak kamtibmas yang terjadi dimasyarakat diperlukan adanya kerja sama masyarakat dalam membantu pihak keamanan untuk memberikan masukan / solusi.

Diharapkan kepada semua komponen masyarakat untuk bersama – sama dan kompak membangun Maluku yang lebih baik ungkap Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto menutup kegiatan Bakumpol Bacarita Kamtibmas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *